website

Sebelum memilih Penyedia jasa web hosting

Tema WordPress Gratis Terbaru

Anda seorang pemula yang baru ingin memulai usaha di dunia maya? atau Anda seorang profesional yang sedang membutuhkan jasa web hosting? Siapapun Anda, berikut adalah beberapa hal yang mungkin perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih penyedia jasa web hosting atau hosting provider.


Langsung saja, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dan pertimbangan khususnya pada Fasilitas yang ditawarkan, fasilitas yang disediakan oleh penyedia jasa web hosting yang nantinya akan Anda rgunakan  seperti email,pemakaian  bandwith untuk trafict order, kapasitas storage space yang diberikan.

Hal ini menjadi penting karena bila ada  masalah pada akses web anda, klien Anda akan berpendapat web Anda lah yang buruk, walau sebenarnya  fasilitas pada hosting provider atau penyedia jasa web hosting Anda yang bermasalah, banyak kerugian yang akan Anda dapatkan, resikonya adalah apabila user Anda beralih pada yang lain, hanya karena buruknya akses website  yang mereka dapatkan.

Ada beberapa hal yang  dipertimbangkan sebelum memilih provider, antara lain:

1. Kapasitas / Diskspace.
Satuan yang digunakan MB atau GB. Kapasitas atau Diskspace adalah jumlah yang disediakan untuk Anda gunakan dalam ruang di harddisk web server. Jumlah ini sudah termasuk pemakaian file-file yang di-upload, file-file untuk email, dan file yang timbul akibat pembuatan database.

2. Bandwidth

Satuan yang digunakan biasanya GB, tetapi ada juga yang masih menggunakan MB. Bandwidth adalah jumlah data yang ditransfer ke dan dari situs ke pengunjung. Perhitungannya termasuk trafik web, FTP, dan email.

 

3. Support Option.

Support system adalah salah satu ukuran yang penting untuk menilai apakah hosting provider tersebut credible atau tidak. Dari support system yang mereka punya, Anda dapat menilai apakah mereka akan tanggap jika terjadi masalah (terutama problem teknis).

Pastikan apakah Anda bisa melakukan kontak ke bagian teknis atau hanya sampai pada sales support saja. Ada perusahaan hosting yang memilah-milah setiap komplain lalu meneruskan ke bagian yang berhubungan. Ketika kita mempunyai problem teknis, mereka akan menyalurkan kita ke bagian teknisi. Tetapi ada juga yang kita hanya dapat menghubungi customer support yang sebenarnya adalah sales support.

Kelemahannya, jika Anda mempunyai problem teknis, Anda tidak akan mendapatkan jawaban yang memuaskan. Sebab, mereka sendiri tidak begitu memahami hal teknis. Mereka hanyalah sales support. Kadang-kadang Anda dibuat frustasi dengan jawaban-jawaban standar mereka.

Pastikan apakah setiap pertanyaan bisa mereka jawab melalui telepon, chat online, ataukah harus melalui ticket support. Apakah mereka mengenakan  biaya atas pertanyaan Anda atau bantuan yang Anda harapkan. Pastikan Anda mengetahui biaya-biaya yang timbul. Ada beberapa perusahaan hosting yang mengenakan biaya terselubung. Ini sah-sah saja, asal Anda tahu dan menerima alasan mengapa mereka melakukannya.

 

4. Perjanjian.
Kebiasaan kita dalam melakukan transaksi dengan perusahaan hosting adalah asal main “Yes, I Agree”. Mungkin ini tidak terbatas dengan perusahaan hosting saja tetapi juga pada saat menginstal software apapun di komputer kita. Kebiasaan ini perlu kita ubah. Saatnya untuk benar-benar mempelajari perjanjian yang disodorkan oleh hosting provider.

Selain hal-hal di atas, perhatikan juga hal-hal berikut ini:

  •   Biaya setup
  •   Biaya upgrade dan downgrade paket
  •   Biaya pembatalan
  •   Biaya-biaya yang tidak dapat dikembalikan
  •   Term of Services/Kebijakan mereka
  •   Batasan penggunaan CPU/Memori
  •   Batasan email
  •   Batasan trafik jika situs Anda banyak mengkonsumsi resource
  •   Batasan minimal kontrak

Sekarang Anda dapat membandingkan fasilitas yang disediakan antara para penyedia jasa web hosting. Periksalah seksama, apakah penawaran mereka sesuai dengan yang Anda butuhkan. Mungkin tidak ada yang benar-benar memuaskan Anda, tetapi pertimbangkan yang paling mendekati kebutuhan dan kemampuan Anda.

sumber Pustaka: E-Business: Memb.Bisnis Hosting & Domain Oleh Zainal Arifin
sumber artikel: inconcept

Arsip:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *